logoweb

Jenis-jenis Sticker Indikasi Risiko yang Wajib Diketahui


Jenis-Jenis Sticker Indikasi Risiko dan Maknanya

Sticker indikasi risiko adalah alat bantu visual yang digunakan untuk mengkomunikasikan tingkat risiko bahaya yang terkait dengan suatu produk, aktivitas, atau situasi. Sticker ini biasanya digunakan di lingkungan medis, industri, dan konstruksi untuk meningkatkan keselamatan dan mencegah kecelakaan.

Berikut adalah beberapa jenis sticker indikasi risiko yang umum digunakan:

1. Sticker Risiko Jatuh

Sticker ini berwarna kuning dan memiliki gambar seseorang yang terjatuh. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko jatuh di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di lantai yang licin, tangga yang curam, atau di area yang memiliki ketinggian.

2. Sticker Risiko Tersandung

Sticker ini berwarna kuning dan memiliki gambar kaki yang tersandung. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko tersandung di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di area dengan kabel yang berserakan, permukaan yang tidak rata, atau di area yang memiliki banyak rintangan.

3. Sticker Risiko Listrik

Sticker ini berwarna kuning dan memiliki gambar petir. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko bahaya listrik di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di dekat kotak panel listrik, kabel listrik yang terbuka, atau di area yang terdapat air.

4. Sticker Risiko Bahan Kimia

Sticker ini berwarna putih dan memiliki gambar tengkorak dengan tulang bersilang. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko bahaya bahan kimia di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di dekat tempat penyimpanan bahan kimia berbahaya, laboratorium, atau di area yang terdapat tumpahan bahan kimia.

5. Sticker Risiko Api

Sticker ini berwarna merah dan memiliki gambar api. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko bahaya api di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di dekat tempat penyimpanan bahan bakar yang mudah terbakar, kompor gas, atau di area yang terdapat alat-alat yang menghasilkan panas.

6. Sticker Risiko Bahaya Biologis

Sticker ini berwarna oranye dan memiliki gambar biohazard. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko bahaya biologis di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di dekat laboratorium biologi, tempat penyimpanan sampel biologis, atau di area yang terdapat hewan yang membawa penyakit.

7. Sticker Risiko Bahaya Fisik

Sticker ini berwarna biru dan memiliki gambar roda gigi. Sticker ini digunakan untuk menunjukkan bahwa terdapat risiko bahaya fisik di area tersebut. Contohnya, sticker ini dapat ditemukan di dekat mesin yang bergerak, peralatan yang tajam, atau di area yang memiliki kebisingan tinggi.

Selain jenis-jenis sticker di atas, masih banyak lagi jenis sticker indikasi risiko lainnya yang tersedia. Jenis sticker yang digunakan akan tergantung pada jenis risiko yang ingin dikomunikasikan.

Penggunaan sticker indikasi risiko yang tepat dapat membantu meningkatkan keselamatan dan mencegah kecelakaan. Penting untuk memastikan bahwa sticker ditempatkan di lokasi yang terlihat jelas dan mudah dibaca. Selain itu, penting juga untuk memberikan pelatihan kepada karyawan atau orang-orang yang akan berada di area tersebut tentang arti dan makna dari sticker indikasi risiko.


Lihat Artikel lainnya

zebra

REKOMENDASI PRINTER ID CARD TERBAIK

Sebelum memilih printer ID card, perhatikan beberapa faktor berikut:

STIKER-PENUNJANG-OK

jenis-jenis sticker indikasi resiko

Terdapat beberapa jenis Sticker Indikasi Resiko dengan warna Ssticker

saa

arti warna gelang pasien di rumah sakit

Gelang pasien adalah alat identifikasi penting di rumah sakit yang membantu tenaga

Post Views: 127